Menjadi Content Creator Makin Cuan Bersama Internet Cepat Dari IndiHome

 


Sumber gambar : Pixabay.com


"Selalu ada hal baik dalam kondisi yang tidak menyenangkan sekalipun, asalkan kita birpikir positif"


Ya, kata bijak ini memang benar adanya. Tahun 2019 dunia mengalami pandemi dan hal ini mengubah pola perilaku dan kehidupan kita.  Yang awalnya kita bisa hidup bebas pergi kemana saja selanjutnya gerak kita dibatasi dan dianjurkan untuk tetap berada di rumah jika tidak ada kepentingan yang darurat. 


Pada pandemi ini hampir semua kegiatan dilakukan dari rumah. Karena sekolah menerapkan sekolah online begitupun dunia kerja banyak kantor yang melakukan work from home. Begitupun dengan tempat kerja saya menerapkan hal yang serupa.


Meskipun di rumah saya juga mengerjakan berbagai macam pekerjaan rumah tangga dan mendampingi anak belajar. Tetap saja saya mengalami kejenuhan. Terlebih lagi saya sudah terbiasa tiap hari ke luar rumah untuk bekerja.


Suatu hari saat saya benar-benar berada dipuncak kejenuhan tiba-tiba terlintas sebuah pikiran bahwa harus ada hal yang positif yang harus bisa saya lakukan. Ketika di rumah terus tentunya banyak waktu luang kita dan kita juga tidak terlalu capek. Harusnya kondisi yang demikian kita gunakan untuk hal yang positif bukan untuk meratapi keadaan. Ini adalah nasehat untuk saya sendiri agar bangkit mengatasi keadaan.


Hingga selanjutnya saya kemudian browsing untuk mencari hal-hal apa yang bisa saya lakukan untuk meningkatkan kualitas dan skill saat pandemi tersebut. Karena saya suka menulis akhirnya saya mengikuti kelas blogger secara online.


Benar sekali kalimat yang mengatakan bahwa waktu berjalan cepat jika kita melakukan kegiatan. Ketika saya mengikuti kelas blogger waktu begitu cepat sekali. Kelas dibuka mulai jam 08.00 pagi hingga sekitar jam 11.00 siang. Selesai kelas selanjutnya ada tugas yang harus dikerjakan dan dikumpulkan esok harinya. Karena sistem belajar yang demikian inilah maka rasa jenuh benar-benar hilang dan saya mulai menikmatinya kegiatan stay at home.


Dengan adanya kegiatan yang positif maka kegiatan harian saya jadi lebih terjadwal. Setelah masak dan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga saya segera mandi karena akan mengikuti kelas online. Selesai mengikuti kelas online saya mendampingi anak belajar.


Tidak hanya belajar blogger, saat pandemi saya juga belajar membuat content untuk foto ataupun video. Jadi memang benar jika kita bisa menyikapi secara bijak, dibalik kondisi pandemi yang sangat tidak menyenangkan ini kita bisa mengambil hikmahnya. Misalnya seperti yang saya sampaikan tadi. Bahwa saat pandemi malah banyak keterampilan yang bisa saya pelajari.


Dengan keahlian yang saya pelajari selama pandemi tersebutlah kemudian mengantarkan saya menjadi seorang content creator. Dan ternyata menjadi content creator adalah salah satu pekerjaan yang sangat menggiurkan. Terlebih lagi di era industri 4.0 yang semuanya serba digital. Makan profesi ini akan semakin menghasilkan cuan.


Karena hal inilah maka saya menekuni profesi sebagai content creator sebagai salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan.


Kenapa menjadi content creator?

Adapun alasan saya kenapa memilih menekuni profesi sebagai content creator adalah sebagai berikut:

1. Waktu fleksibel

Menjadi content creator itu jam kerjanya fleksibel sangat bisa disesuaikan dengan waktu luang yang kita miliki. Dan ini sangat menguntungkan sekali untuk saya karena pekerjaan ini bisa saya lakukan disela-sela saya mengerjakan pekerjaan rumah tangga.


2. Bisa dikerjakan dari rumah

Pasti menjadi hal yang menyenangkan jika kita bisa mendapatkan uang tanpa harus ke luar rumah. Menjadi content creator bisa menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang dari rumah sehingga saya tetap bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan juga bisa menemani anak-anak belajar ataupun bermain.


3. Tidak membutuhkan dana yang besar

Untuk menjadi content creator tidak membutuhkan dana yang besar karena yang dibutuhkan adalah keahlian. Berbeda jika kita ingin membangun usaha tentu butuh dana yang besar. Makanya menjadi content creator adalah pilihan saya untuk mendapatkan uang. Di sini yang diperlukan adalah ketekunan dan semangat untuk mau belajar.


4. Sebagai sarana untuk menebar kebaikan

Ketika ada orang yang sedang berbagi kebaikan rasanya ingin sekali melakukan hal yang sama. Tapi tidak dipungkiri untuk berbagi secara materi dalam nominal besar saya belum mampu. Tetapi kemudian saya berpikir kembali bahwa berbagi kebaikan tidak hanya berupa materi tetapi bisa berupa hal lain misalnya ide ataupun motivasi. Dari sinilah kemudian saya berpikir agar content yang saya buat nanti bisa membawa kebaikan dan bermanfaat bagi orang lain.


5. Menciptakan circle pertemanan baru

Tentu kita sudah tidak asing lagi jika ada kalimat yang mengatakan bahwa lingkungan pertemanan juga akan membentuk pola perilaku, pola pikir dan membentuk kualitas diri kita.


Ketika mulai terjun ke dunia content creator saya banyak bertemu dengan orang-orang baru. Meskipun kebanyakan hanya kenal lewat dunia maya. Tetapi energi pertemanannya sangat terasa sekali. Mereka banyak sekali memberikan motivasi dan inspirasi. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh sekali dalam merubah pola pikir saya dan juga turut membentuk saya menjadi manusia yang lebih produktif.


Tips menjadi content creator untuk pemula


Sebagai seorang yang baru mulai terjun di dunia content creator pastinya bingung apa yang harus dilakukan. Begitupun saya dulu, saya tidak mengerti harus bagaimana dan melakukan apa? Apalagi melihat content creator yang bagus-bagus dalam membuat video ataupun dari segi ide rasanya kok malah nyali jadi ciut. Tapi selanjutnya saya katakan pada diri bahwa saya harus berani mencoba. Kemudian sayapun memberanikan diri untuk mencoba dan berikut ini adalah hal-hal yang saya lakukan saat mengawali menjadi content creator:

1. Mulai saja dulu

"The secret of getting ahead is getting started." – Mark Twain
(Rahasia untuk maju adalah memulai)

Ya, benar hal pertama yang saya lakukan adalah mulai saja dulu. Karena jika tidak segera dimulai maka akan lama juga kita bisa. Semakin cepat dimulai maka akan semakin cepat pula kita bisa begitupun sebaliknya. Jadi saat saya buang rasa minder saya, saya katakan pada diri saya kalau orang lain bisa kamu juga bisa.

2. Buat content dari hal-hal yang disenangi

Sumber gambar : dokumentasi pribadi

Jujur awal membuat content saya mengawali dari hal-hal yang saya senangi. Karena saya suka sekali memasak maka saya membuat content tentang masak-masak. Saya memilih membuat content dari hal yang saya senangi karena lebih mudah untuk dilakukan. Makanya ketika kita bingung dalam mencari ide kita mulai dulu dari hal yang kita senangi. Selanjutnya jika kita sudah terlatih dan terbiasa dalam membuat content barulah kita mencari topik-topik lain yang banyak diminati oleh orang.


3. Belajar dari content creator yang sudah sukses

Salah satu cara yang saya lakukan untuk menjadi content creator adalah dengan belajar dari content creator yang sudah sukses. Dari mereka saya belajar cara mencari ide, pengambilan gambar atau video kemudian belajar juga tentang konsep mereka dalam mengedit video. Intinya dari mereka saya menerapkan sistem ATM, yakni amati tiru dan modifikasi.


4. Konsinsten

Konsisten ini adalah hal yang sangat diperlukan untuk meraih kesuksesan begitupun ketika kita ingin menjadi content creator. Jadi jangan merasa capek ataupun menyerah jika ternyata kita belum sesukses para creator lainnya. Karena mereka berada dititik kesuksesan itu salah satu modalnya adalah konsistensi. Makanya kita harus semangat dan terus konsisten dalam membuat content.

5. Terus belajar

Saya jadi teringat sebuah kata bijak bahwa teruslah merasa bodoh, karena dengan hal tersebut kamu akan selalu haus untuk belajar. Ya, kalimat itu memang benar adanya. Kita tidak boleh merasa cukup dengan pencapaian yang sudah kita dapatkan. Karena jika sudah merasa cukup atau puas dengan apa yang sudah kita dapatkan maka kita akan berhenti belajar. Sehingga akhirnya kita tertinggal jauh dibelakang. 


Makanya kita tidak boleh berhenti belajar dan harus terus semangat untuk belajar. 


Internet cepat bikin content creator makin cuan


Sebagai content creator salah satu hal yang sangat dibutuhkan adalah internet. Karena internet ini sangat berpengaruh sekali terhadap kelancaran pekerjaan. Pastinya dibutuhkan provider internet yang jaringannya cepat dan stabil. Sehingga kegiatan upload content ke media sosial lancar dan terupload dengan cepat. Selain itu dengan internet cepat dan stabil kita bisa lebih mudah saat mencari referensi ataupun informasi untuk menambah pengetahuan kita tentang bagaimana caranya menjadi content creator yang sukses.


Bersyukur kini telah hadir IndiHome dari Telkom Indonesia. IndiHome terus melakukan inovasi agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggannya. IndiHome juga menyediakan beragam paket hemat yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan. 


Nah, jika kalian ingin mencari provider internet cepat, gunakan IndiHome dari Telkom Indonesia. Yuk, makin cuan menjadi content creator bersama IndiHome.


Nashwa

Belajar dan terus belajar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama