Pentingnya Servis Rutin Sepeda Motor

Demi kamudahan dalam beraktivitas, memiliki kendaraan sendiri merupakan hal yang harus dipenuhi. Saat ini sepeda motor banyak dipilih untuk memudahkan mobilitas harian karena sepeda motor harganya lebih terjangkau dan lebih bisa diandalkan untuk menghadapi kemacetan.


Sebagai pengguna motor, maka kamu harus melakukan perawatan rutin agar motor kamu tetap aman dan nyaman saat digunakan. Selain aman dan nyaman ada banyak keuntungan yang bisa kamu jika rutin melakukan servis motor. Penasaran apa saja keuntungan ya? Yuk simak tulisan di bawah ini.


Manfaat penting melakukan servis motor secara berkala

Beberapa manfaat penting servis rutin secara berkala adalah sebagai berikut:

1. Menjaga performa

Penggunaan sepeda motor akan menyebabkan sejumlah perubahan pada berbagai komponen kendaraan. Melakukan servis atau perawatan rutin adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa seluruh komponen mesin motor selalu dalam kondisi terbaik. Saat servis, mesin motor akan diperiksa, dibersihkan, bahkan komponen yang sudah tidak berfungsi akan diganti. Sehingga kinerja mesin tetap stabil dan prima.

2. Terhindar dari mogok di jalan

Pastinya menjadi hal yang tidak menyenangkan saat motor tiba-tiba mogok di tengah jalan. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan mesin motor mogok adalah aki yang lemah, gangguan dalam pengisian bahan bakar, penumpukan kotoran di filter udara, dan sebagainya.


Perawatan rutin berkala dapat mendeteksi permasalahan yang terdapat di komponen mesin sedini mungkin. Sehingga segera bisa diambil tindakan sebelum mengalami kerusakan yang lebih serius saat digunakan.

3. Motor lebih awet

Motor yang setiap hari digunakan secara perlahan akan mengalami penurunan kualitas berbagai komponen yang terdapat dalam motor. Jika kerusakan tidak segera dideteksi dan diatasi maka akan menyebabkan kerusakan yang serius pada komponen tersebut. Melakukan servis secara berkala adalah langkah yang penting dalam mencegah kerusakan pada kendaraan, yang pada akhirnya akan membuat kendaraan menjadi lebih tahan lama dan berumur panjang.

4. Hemat bahan bakar

Pernah tidak kamu merasa motormu boros bahan bakat? Bisa jad motormu yang boros tadi disebabkan karena kurangnya perawatan yang dilakukan secara rutin. Dengan melakukan perawatan rutin kita akan bisa memastikan bahwa sistem pembakaran selalu beroperasi pada kondisi optimal, yang pada gilirannya akan menghasilkan efisiensi konsumsi bahan bakar yang lebih baik.


Itulah tadi manfaat penting yang akan kita dapatkan jika melakukan servis motor secara rutin. Lalu apa saja komponen yang wajib di cek saat servis motor? Jika kalian masih bingung berikut ini adalah komponen yang harus di cek saat servis motor.


Inilah Komponen yang Wajib Dicek Saat Service Motor 

1. Oli mesin 


Sumber gambar : Planetban.com

Ada tiga fungsi utama oli mesin yaitu sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Karena fungsi yang vital ini maka kita harus melakukan penggantian rutin oli mesin. Rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Saat servis biasanya biaya yang perlu kamu bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.


Tetapi beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas Oli.


2. Oli Gardan 

Bagi pengendara motor matik untuk selalu mengganti oli gardan secara berkala saat servis rutin. Fungsi utama oli gardan adalah melumasi gir-gir yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Untuk menentukan waktu penggantian oli gardan, kamu dapat menggunakan rumus di mana perbandingannya adalah 2 kali ganti oli mesin kemudian baru dibarengi dengan ganti oli gardan sebanyak 1 kali.


3. Busi

Setiap mesin pembakaran internal memerlukan sistem pengapian untuk mendukung operasinya. Ini adalah peran utama dari busi, yang berfungsi mengubah arus listrik dari koil menjadi percikan api. Kalau busi bermasalah dapat menyebabkan motor sulit dinyalakan. Jika hal ini terjadi maka busi harus diganti.


4. Kampas Rem

Sektor pengereman kendaraan adalah bagian penting dan tidak boleh diabaikan karena berperan penting dalam aspek keselamatan. Perawatan rutin diperlukan untuk memastikan komponen-komponen pengereman berfungsi dengan baik dalam menghentikan kendaraan.


5. Filter udara 

Salah satu aspek penting dalam perawatan motor adalah memeriksa kondisi filter udara. Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke dalam sistem pembakaran, yang membantu mencegah kotoran dan partikel dari lingkungan luar masuk ke dalamnya. Umumnya, pemeriksaan awal akan dilakukan sebelum mekanik membuat keputusan apakah filter udara masih dapat dibersihkan atau harus diganti.


6. Ban 

Adapun pemeriksaan ban saat servis adalah pengecekan tekanan angin yang tepat, tingkat keausan, dan kerusakan. Selain itu juga pastikan ban memiliki cengkraman yang baik pada permukaan jalan. Hal ini mencegah terjadinya selip saat di jalan raya.


7. Aki

Aki motor perlu dicek secara berkala untuk memastikan kinerjanya tetap optimal, mencegah mogok mendadak, dan memperpanjang umur aki sehingga dapat menghemat biaya perawatan dan menjaga keamanan berkendara.


8. Tune up Motor Rutin 

Layanan tune up motor adalah bagian rutin yang melibatkan pemeriksaan seluruh komponen, terutama yang memengaruhi performa keseluruhan motor. Pemeriksaan umumnya mencakup tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, sistem rem, dan klakson.


Terkadang, tune up juga melibatkan penggantian oli mesin, oli gardan, atau komponen lainnya. Namun, mekanik akan memberi tahu kamu tentang perlu tidaknya penggantian tersebut. Setelah mendapat persetujuan, barulah mekanik akan melanjutkan dengan perbaikan yang diperlukan.


Bengkel Servis Motor Terbaik

Sekarang kalian sudah tahu kan manfaat penting servis motor dan komponen apa saja yang harus dicek saat servis rutin. Jika saat ini kamu berencana untuk melakukan servis motor dan ganti oli motor matic, maka Planet Ban bisa kamu jadikan pilihan. Di bengkel ini, kamu bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Kira-kira apa itu servis mesin rasa baru?


Ya, servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Jenis service motor ini bertujuan untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.


Manfaat melakukan servis motor di Planet Ban

Apa sih manfaat melakukan servis di Planet Ban?

Servis motor rasa baru di Planet Ban dilakukan dengan menggunakan cairan kimia yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan motor kalian. Setiap bagian mesin akan berfungsi dengan optimal kembali seperti Rasa Mesin Baru. Servis ini akan berdampak pada mesin motor seperti;


Bersih total: Mesin motor akan menjadi lebih bersih secara keseluruhan, menghilangkan kotoran dan endapan yang mengganggu.


Efisiensi Bahan Bakar: Layanan ini akan membantu motor Anda menjadi lebih hemat bahan bakar, mengurangi pengeluaran Anda untuk mengisi tangki.


Emisi yang Lebih Rendah: Perawatan ini akan mengurangi emisi gas buang, membantu melindungi lingkungan dengan mengurangi jejak karbon.


Tarikan yang Lebih Ringan: Motor akan memiliki akselerasi yang lebih baik, membuat pengalaman berkendara jadi lebih nyaman dan responsif.


Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Seringkali, saat motor diservis di bengkel lain, masih ditemukan jejak kotoran, debu, dan sisa-sisa residu pembakaran di berbagai bagian mesin. Bahkan, bukan hal yang jarang menemukan kotoran dan debu tersembunyi di dalam blok CVT, yang pada akhirnya membuat motor terasa kurang responsif.


Berbeda cerita jika Anda memilih untuk melakukan servis motor secara berkala di Planet Ban. Di sini, semua komponen mesin dibersihkan hingga tampak seolah-olah baru keluar dari pabrik. Bagian kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya diperlakukan dengan teliti untuk menghilangkan jejak residu pembakaran, debu, dan kotoran. Hasilnya, servis motor di Planet Ban dapat mengembalikan sensasi seperti memiliki mesin yang baru.


Yang lebih menarik lagi, servis motor di Planet Ban juga menghadirkan peningkatan performa yang mencolok. Tarikan motor menjadi lebih ringan, emisi gas buang turun hingga lebih dari 70%, konsumsi bahan bakar jauh lebih efisien, dan mesin motor benar-benar bersih seiring dengan peningkatan performa yang dapat dirasakan.


Hal yang tak kalah penting adalah harga layanan servis motor di Planet Ban yang sangat terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp20.000,- untuk servis motor injeksi, atau Rp19.500,- untuk servis CVT sekaligus rantainya. Bahkan servis throttle body pun hanya dikenai biaya Rp20.000,-. Penawaran ini tentu sangat menguntungkan bagi para pemilik motor yang menginginkan perawatan berkualitas tanpa menguras dompet.


Maka dari itu, penting untuk memahami apa yang perlu diperiksa saat menjalani servis motor. Perawatan motor yang baik adalah kunci untuk menjaga mobilitas harian yang lancar. Jadi, jangan ragu untuk mempercayakan servis motor kalian kepada Planet Ban jika kalian menginginkan sensasi mesin yang seperti baru dan kinerja motor yang lebih baik. Ini adalah langkah cerdas untuk menjaga motor kamu tetap prima.

Nashwa

Belajar dan terus belajar

8 Komentar

  1. Wah ternyata memang harus rutin servis motor ya, biar bisa sedini mungkin biar segera ditangani kalau motor ada masalah

    BalasHapus
  2. Btw, aku juga rasain kok mba kalau jadi hemat bensin & irit biaya jika rajin rawat motor secara berkala. Soalnya dulu waktu kuliah pernah males servis motor dan harus ganti seker nya. Mahal beud :(

    BalasHapus
  3. ternyata servis motor rutin bisa ngaruh sama hemat bakar yaa, keren bgt sih kudu diinget2 utk merutinkan servis emg nih

    BalasHapus
  4. Servis motor harus menjadi agenda tetap bulanan agar performa motor tetap optimal, tarikan halus dan hemat bahan bakar

    BalasHapus
  5. Service motor itu penting, tapi banyak orang lalai. Tapi dengan banyaknya planet motor mengingatkan awareness orang untuk ingat kalau motor harus di service

    BalasHapus
  6. Dulu aku gampangin masalah servis motor mba. Ternyata penting banget ya. Harus rutin biar motor punya umur panjang

    BalasHapus
  7. Bener banget mbak, motor juga perlu banget perawatan biar awet, soalnya kalau beli motor baru jauh lebih mahal jatuhnya. Saya sih tim nggak pernah servis, tapi suami yang rajin nyervis sih haha.. tinggal kasih uang aja berangkaaattt

    BalasHapus
  8. Wkwkw, biasanya cewe kalo masalah service motor ini rada aneh, termasuk aku sendiri. Baru tahu kalo di planet ban harganya semursidaaah ini

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama