Cara Menjadi Blogger Agar Cuan Bersama IndiHome

 

Sumber gambar : Pixabay.com

"Wah enaknya kamu punya kerjaan sampingan, jadi bisa dapat tambahan penghasilan". Ya itu adalah sepenggal kalimat obrolan teman-teman saat istirahat pada jam kerja.


Memang meskipun sudah bekerja teman-teman saya juga memiliki usaha sampingan. Ada yang menjadi agen pulsa, ada yang menjadi peternak dan ada yang punya usaha toko. 


Melihat hal yang demikian, saya pun tertarik untuk memiliki usaha yang serupa. Tentu saja usaha sampingan yang saya pilih adalah yang bisa saya jalankan dari rumah. Karena sebagai ibu rumah tangga yang sekaligus bekerja diluar saya ingin melakukan pekerjaan sampingan disela-sela melakukan pekerjaan rumah tangga.


Mau ikut usaha sebagaimana yang dilakukan teman-teman, jujur saya tidak memiiki modal. Sebab tentu saja usaha peternakan ataupun toko punya modal yang harus banyak juga. Kemudian saya berpikir keras kira-kira usaha apa yang bisa saya lakukan tanpa harus mengeluarkan modal.


Suatu hari, ketika saya sedang berselancar di dunia maya mencari informasi tentang usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Muncullah di mesin pencarian tentang berbagai jenis pilihan kerja sampingan mulai dari membuka jasa catering, bisnis online dan menjadi blogger.


Diantara beberapa pilihan yang diberikan saya memilih menjadi seorang blogger alasannya karena tidak membutuhkan dana yang besar. Selain itu juga karena saya suka menulis jadi sekalian deh menyalurkan hobby dan bisa menghasilan cuan. Saya jadi ingat sebuah kalimat yang mengatakan bahwa pekerjaan yang menyenangkan adalah hobby yang dibayar. Dan saya ingin merasakan hal tersebut, karena hobby membuat kita tidak tertekan saat melakukannya.


Karena saat itu pengetahuan saya terbatas tentang bagaimana menjadi blogger. Maka saya kemudian belajar melalui internet tentang bagaimana cara menjadi blogger dan bagaimana membuat blog. Jujur, saya akui saya sangat berterima kasih dengan hadirnya internet. Sebab internet memudahkan saya untuk mencari informasi yang saya butuhkan.


Keahlian yang harus dimiliki agar menjadi blogger yang sukses

Bagi saya membuat blog ternyata cukup mudah karena di internet tersedia banyak sekali tutorial tentang membuat blog baik. Tapi menurut saya yang cukup sulit adalah mengisi blog tersebut. Karena dibutuhkan keahlian khusus yang harus terus diasah. Sebab tidak dipungkiri dari hari kehari semakin banyak blogger yang bermunculan. Jika kita tidak upgrade skill maka kita akan kalah bersaing dengan blogger-blogger lain. 


Begitupun dengan saya ketika terjun di dunia blogger saya harus melengkapi diri dengan berbagai macam keahlian agar saya siap tempur. Berikut ini saya akan berbagi informasi mengenai apa saja yang harus saya siapkan agar saya siap untuk bersaing.


1. Meningkatkan skill menulis

Ada yang mengatakan jika menulis itu mudah. Ya, hal itu memang ada benarnya karena bagi yang sudah terbiasa menulis pasti mudah. Tetapi bagi yang baru memulai untuk menulis tentu akan menjadi hal yang cukup sulit. Jangankan untuk membuat satu paragraf, mengawali kalimat pertama saja sulitnya minta ampun. Makanya bagi pemula memperbanyak latihan menulis sangat diperlukan sekali. Sayapun demikian, agar bisa mudah untuk membuat tulisan saya sering melakukan latihan menulis. 

Menurut saya rutin menulis saja tidak cukup untuk mengasah kemampuan menulis dan membuat tulisan kita jadi berkualitas. Maka dari itu agar skill menulis semakin terasah dan tulisan berkualitas saya mengikuti berbagai macam kelas menulis. Mulai dari kelas menulis gratis hingga berbayar. Dengan mengikuti kelas menulis tersebut maka akan menjadi tahu bagaimana cara menulis yang bagus sehingga dapat menarik minat membaca. 


2. Membekali diri dengan keahlian desain grafis

Selain meningkatkan kemampuan menulis, hal lain yang perlu dipersiapkan adalah membekali diri dengan keahlian desain. Tidak dipungkiri seseorang tertarik membaca sebuah buku karena tampilannya. Demikian juga dengan blog, bisa jadi orang akan berkunjung ke blog kita karena tampilan blog kita yang menarik. Untuk mendapatkan keahlian ini tentu saja kita harus belajar. Dan dengan hadirnya internet kita bisa belajar keahlian desain dengan mudah tanpa harus ke luar rumah.


3. Membekali diri dengan keahlian fotografi

Setelah membekali diri dengan kemampuan menulis dan desain grafis, selanjutnya kita juga harus membekali diri dengan keahlian fotografi. Sebagaimana yang kita ketahui, blog itu rata-rata berbentuk tulisan. Dengan adanya gambar maka akan memperjelas apa yang kita tulis. Sehingga pembaca menjadi lebih paham dengan apa yang kita sampaikan. 


Tidak hanya untuk memperjelas tulisan, gambar juga sangat bermanfaat untuk menarik minat pembaca. Apalagi gambarnya diambil dengan angel yang bagus maka akan semakin membuat betah pembaca untuk membaca blog kita. Bahkan bisa jadi gambar-gambar yang kita sajikan menjadi candu bagi pembaca agar terus mengunjungi halaman blog kita.


4. Membekali diri dengan keahlian editing video

Bukan hanya youtuber yang harus melengkapi diri dengan keahlian editing video. Karena dalam blog kita juga bisa menyisipkan video. Dengan adanya video tentu saja akan membuat tulisan kita menjadi lebih hidup. Selain itu juga dengan keahlian editing vidio akan sangat memudahkan kita jika ingin menjadi youtuber. Jadi selain menjadi blogger juga menjadi youtuber.


Hal di atas tadi adalah beberapa hal yang harus saya miliki jika ingin menjadi bloggers. Karena tanpa keahlian tersebut kita akan sulit sekali untuk memenangkan persaingan. Sebab diluar sana banyak sekali orang-orang yang giat dan gigih dalam mengasah kemampuan mereka. Jika kita hanya berdiam diri dan merasa sudah cukup dengan kemampuan yang dimiliki. Maka bersiaplah untuk tersisihkan.


Menggunakan IndiHome untuk meningkatkan Skill menjadi Blogger


Di era sekarang ini, teknologi informasi sudah sangat canggih. Sehingga memudahkan kita untuk mempelajari berbagai macam hal. Termasuk belajar mengenai skill yang harus dimiliki jika ingin menjadi blogger. Pastinya untuk kemudahan dan kelancaran belajar kita membutuhkan provider internet yang lancar dan stabil.


Bersyukur sekali dengan hadirnya IndiHome dari Telkom Indonesia. Karena IndiHome merupakan provider internet yang menggunakan jaringan fiber optik. Jadi, meskipun tinggal di desa saya bisa mendapatkan kualitas internet yang terbaik. Sehingga bisa belajar dengan mudah dan lancar terkait dengan hal-hal yang saya butuhkan untuk menjadi seorang blogger.


Nah kalian pun bisa dengan mudah mengasah kemampuan kalian dengan menggunakan jaringan internet IndiHome dari Telkom Indonesia. Dengan skill yang bertambah maka peluang mendapatkan cuan juga semakin bertambah. Yuk, tetap berpenghasilan meskipun dari rumah bersama IndiHome.


Nashwa

Belajar dan terus belajar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama