Perpustakaan Impian






Memiliki perpustakaan adalah salah satu impian saya. Dengan memiliki perpustakaan saya bisa menularkan virus literasi ke anak-anak dan juga masyarakat sekitar tempat tinggal kita. Saya berkeinginan untuk turut serta dalam meningkatkan kemampuan literasi bangsa.  Seperti yang kita ketahui, menurut UNESCO minat baca yang dimiliki oleh bangsa ini hanya 0,001 %. Itu artinya diantara seribu orang hanya ada satu orang yang memiliki mnat membaca. Dengan kemampuan literasi yang rendah ini maka masyakat mudah sekali menjadi korban dari berita-berita yang tidak bertanggung jawab.
Disamping itu, saat ini banyak anak-anak yang menghabiskan waktunya senggangnya dengn bermain gawai.  Jika ank sudah kecanduan gawai mak akan sulit untuk melepaskannya.  Salah satu cara yang bisa digunakan agar anak tidak kecanduan gawai adalah mendekatkan anak-anak dengn buku.  Mengenalkan anak kepala buku bukanlah hal yang mudah. Tetapi dengan adanya perpustakaan akan memudahkan orang tua mendekatkan anaknya dengan buku.

Kenapa anak-anak harus mencintai buku-buku?  Karena buku adalah sumber ilmu pengetahuan selain itu dengan mbaca buku kemampuan berbahasa anak akan berkembang begitupula dengan daya imajinasi dan kreativitasnya. Hal positif ini tidak akan anak-anak dapatkan jika mereka menghabiskan waktu senggang mereka dengan bermain permainan digawai.  Sebaliknya anak akan kurang bersosialisasi dan emosinya tidak stabil.

Berbicara perpustakaan yang menjadi impian saya adalah,  perpustakaan gratis  yang terbuka bagi masyarakat luas. Tidak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa. Bagi saya masyarakat berhak mendapatkan pengetahuan yang seluas-luasnya.  Saya ingin perpustakaan saya menjadi tempat bercengkrama keluarga.  Sehingga ketika ada liburan para orang tua akan membawa anak-anak mereka ke perpustakaan yang saya kelola. Selain itu pula perpustakaan juga berfungsi sebagai pusat bermain anak-anak.  Artinya sambil bermain mereka mendapatkan pengetahuan baru. Ada banyak hal yang ingin saya lakukan terhadap perpustakaan yang saya kelola nantinya.

1. Membuat kafe di perpustakaan
Hal ini saya lakukan semata-mata demi kenyamanan pengunjung dan tidak bertujuan untuk mencari keuntungan.  Dengan adanya kafe tentu pengunjung akan lebih betah berada di perpustakaan.  Jadi sambil membaca mereka bisa minum dan makan- makanan ringan.

2. Menyediakan tempat diskusi
Tempat diskusi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman informasi yang mereka dapat.  Selain itu  dengan berdiskusi nalar kritis mereka akan berkemban dan daya nalar masyarakat akan meningkat.  Sehingga tidak mudah terprovokasi berita-berita tidak bertanggung jawab.

3. Menyediakan tempat menonton video
Tentu saja tayangan  yang disajikan adalah film-film motivasi.  Harapan saya dengan menonton film motivasi anak-anak akan termotivasi untuk melakukan hal-hal positif demi kebaikan masa depan dirinya dan juga bangsanya.  Dengan adanya tempat menonton video ini semoga anak-anak ketika liburan sekolah menghabiskan waktu dengan mengunjungi perpustakaan.

4. Menyediakan tempat beribadah
Demi kenyamanan pengunjung perpustakaan, saya akan berusaha menyediakan tempat beribadah.  Sehingga pengunjung tidak perlu keluar ataupun pulang ke rumah untuk menunaikan ibadah.  Dengan demikian orang  akan tenang dan berlama-lama saat berada di perpustakaan.

5. Memiliki taman
Salah satu indikator keberhasilan sebuah perpustakaan adalah banyaknya pengunjung. Untuk menarik minat pengunjung maka salah satu caranya adalah dengan membuat taman di perpustakaan. Selain memperindah pemandangan, taman juga berfungsi untuk membuat udara menjadi segar.

6. Membuat jadwal kegiatan
Menurut saya Perpustakaan tidak hanya  tempat membaca tetapi perpustakaan juga digunakan untuk belajar  dan mengembangkan daya kreativitas anak. Adapun jadwal yang ingin saya buat adalah,  kursus bahagaia Inggris,  belajar matematika, belajat aneka ketrampilan dan dan juga belajar mengambar.

Itulah tadi adalah impian-impian saya jika saya memiliki sebuah pepustakaan. Sebenarnya ini tidak hanya keinginan saja,  jika memiliki dana saya juga ingin mewujudkan menjadi kenyataan.  Karena menurut saya  salah satu darma bakti kepada ibu pertiwi adalah turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui kegiatan literasi.
Nashwa

Belajar dan terus belajar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama